3.31.2012

Botchan



Hasil berburu iseng di pameran buku, sebuah buku ringan karya novelis klasik Jepang Natsume Soseki. Pada dasarnya buku ini memang bahan bacaan ringan yang saking ringannya bisa bikin bosan. Buku ini bukan buku roman atau semacamnya yang banyak menampilkan konflik, intrik dan sebagainya. Ceritanya sederhana, tentang 'pemberontakan' seorang guru muda. Saya sendiri suka dengan gaya penulisan natsume, meski terkesan ringan tapi nilai moral ceritanya cukup banyak. Botchan si laki-laki yang beranjak dewasa, punya sifat egois sehingga seringkali kalo berbicara dia tidak berpikir dan menurutnya semua yang dilakukannya tidak salah. Orangnya prinsipil tapi sering memperlihatkan sifat ke kanak-kanakannya. Lucu bagaimana sosok orang yang paling dikasihi dan mengasihinya adalah seorang pengasuh bernama Kiyo, dan bagaimana orang itu ternyata sangat mempengaruhi dirinya. Lewat Kiyo, Botchan punya rasa berani, belajar menghargai dirinya sendiri dan menghargai orang lain... 
Si Botchan ini aliran hidupnya cenderung negatif, kurang lebih sama kayak saya, tapi dia punya Kiyo yang selalu bikin dia berpikir sedikit positif. Sama kayak saya punya ibu dan teman yang bisa bikin saya sedikit positif. Overall, saya menyukai buku ini karena merasa banget sifat Botchan ada di saya dan saya yakin sebenernya karakter Botchan ini muncul dari sifat-sifat yang ada di manusia (terutama aliran negatif) dan dijadiin satu :)


0 komentar:

Post a Comment

kata komentator

 

Template by BloggerCandy.com